Kunci Jawaban dan Pembahasan Kelas 5, Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 2
Assalamualaikum, salam sejahtera, salam sehat selalu untuk kita semua. Kali ini saya akan membahas materi Kelas 5, Tema 1, Subtema 1, di Pembelajaran 2. Di Subtema 1 ini kita akan lebih banyak belajar tentang organ gerak hewan. Fokus pembelajaran di pembelajaran 2 ini adalah muatan B. Indonesia, IPA, dan SBdP. Kompetensi Dasar Mupel B.Indonesia yaitu 3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual. Untuk Mupel IPA Kompetensi Dasarnya yaitu; 3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan. Dan untuk Mupel SBdP, Kompetensi Dasarnya yaitu; 3.1 Memahami gambar cerita. 4.1 Membuat gambar cerita.
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun dan merangkai sebuah cerita secara runtut.
- Dengan menceritakan sebuah gambar, siswa mampu mengolah informasi dan data menjadi sebuah cerita secara tepat.
- Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan organ gerak hewan beserta fungsinya secara tepat.
- Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gerak ikan di air secara tanggung jawab.
Dan berikut adalah pembahasan untuk materi Kelas 5, Tema 1, Subtema 1, Pembelajaran 2.
Edo semakin menyukai kelinci. Selain bulunya lebat, gerakannya juga lincah. Sayur kesukaan Edo juga sama dengan makanan kelinci, yaitu wortel. Coba kamu amati dan pahami rangkaian gambar cerita berikut:
Gambar di atas adalah rangkaian gambar cerita. Dalam gambar tersebut terkandung rangkaian cerita. Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks. Gambar ilustrasi dibedakan menjadi dua macam, yakni gambar yang berupa foto dan gambar tangan. Penggunaan gambar ilustrasi disesuaikan dengan kebutuhan dan isi bacaan atau teks. Adapun ragam gambar ilustrasi antara lain berupa cergam (cerita bergambar), komik, pamflet, cover, kartun, dan karikatur. Tahukah kamu perbedaan ragam gambar-gambar tersebut?
Cerita Bergambar (Cergam) adalah rangkaian cerita bermakna yang merupakan perpaduan dari teks dan gambar. Komik adalah satu kesatuan gambar yang memiliki alur cerita menarik. Pamflet adalah tulisan yang berisi informasi dan dapat disertai dengan gambar atau tidak dalam bentuk selebaran yang dicetak. Cover adalah kulit atau sampul pada majalah atau buku biasanya terletak di luar buku. Kartun adalah gambar yang memiliki unsur jenaka (kejadian lucu) yang mempresentasikan suatu peristiwa. Karikatur adalah gambar yang mengandung kesan menyindir seorang tokoh dengan melebih-lebihkan objek tersebut.
Ayo Berlatih
Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam menggambar, buatlah gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.
Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.
Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.
1. Gagasan
Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.
2. Sketsa
Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.
3. Pewarnaan
Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri.
Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.
Adapun media gambar yang bisa kamu gunakan untuk menggambar adalah.
1. Media Alas Gambar
Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.
2. Media Pewarna
a. Pensil Warna
Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.
b. Cat air
Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.
Ayo Berkreasi
Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”.
Pembahasan di bawah ini adalah alternatif jawaban yang bisa dijadikan referensi adik-adik dalam menemukan jawaban versi sendiri sebagai berikut.
Teks.
Puti adalah kucing peliharaan kesayanganku, Puti merupakan kucing berbulu putih yang lucu dan selalu mengikutiku kemanapun aku pergi. Puti juga kucing penurut, aku sayang padanya.