Skip to main content

Kata Berawalan ‘ber-’. Bahasa Indonesia Kelas IV Kurikulum Merdeka

Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif. Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.

Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!

Contoh pembentukan kata berimbuhan Keterangan
ber + rambut → berambut
ber + ragam → beragam
ber + rencana → berencana
Awalan ‘ber-’ berubah bentuk menjadi ‘be-’
jika huruf awal kata dasar adalah r.
ber + kerja → bekerja
ber + cermin → becermin
ber + serta → beserta
ber + pergi + an → bepergian
Awalan ‘ber-’ berubah bentuk menjadi ‘be-’
jika suku kata pertama kata dasar berakhiran ‘-er’.
ber + ajar → belajar
ber + unjur → belunjur
Pengecualian khusus
ber + main → bermain
ber + kunjung → berkunjung
ber + sekolah → bersekolah
Bentuk umum kata berimbuhan ‘ber-’,
selain pengecualian di atas.
1. Kata Berawalan ‘ber-’
Kerjakan soal latihan berikut ini di buku tulis kalian!
Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.
a. Capung (terbang) di udara. → Capung beterbangan di udara.
b. Bibi (cermin) sambil mematut diri. → Bibi becermin sambil mematut diri.
c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia. → Bima bersekolah di SD Tunas Mulia.
d. Adik (ajar) membaca. → Adik belajar membaca.
e. Tuti (rambut) panjang. → Tuti berambut panjang.
f. Petani (kerja) di sawah. → Petani bekerja di sawah.
g. Tina dan Tini (main) petak umpet. → Tina dan Tini bermain petak umpet.
h. Kerbau (rendam) di kubangan. → Kerbau berendam di kubangan.

Dengan melengkapi kalimat, kalian berlatih menggunakan awalan ‘ber-’ dengan benar.


2. Pengalaman Bepergian
Tuliskan pengalaman kalian pergi ke suatu tempat di buku tulis. Kalian boleh menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah atau menceritakan pengalaman saat kalian bepergian ke kota lain atau ke suatu tempat yang berkesan.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dapat kalian jadikan panduan. 
  1. Kendaraan apa yang kalian naiki untuk menuju ke sana? 
  2. Apa yang kalian lakukan saat di dalam perjalanan? 
  3. Apa saja hal menarik yang kalian temui? 
  4. Hal apa saja yang tidak kalian sukai di dalam perjalanan? 
Gunakan kata-kata kerja berawalan ‘ber-’ dalam tulisan kalian. Jangan lupa perhatikan pemakaian tanda baca dan huruf kapital, ya!

Alternatif jawaban pengalaman bepergian;
Saya bersekolah di SD Negeri 4 Lumbir Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari rumah ke sekolah cukup tidak terlalu jauh dan saya pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan ke sekolah biasanya saya dan teman-teman saling bercerita sambil tertawa. Kami semangat dan bergembira.

Suatu hari di jalan kami bertemu dengan seorang yang sudah tua. Beliau sedang mencari alamat rumah saudaranya yang sudah lama tidak bertemu. Kami bergegas membantu orang itu mencari alamat yang dimaksud karena kebetulan alamat yang sedang dicari itu ada di desa kami.

Kami juga pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan yaitu saat kami berjalan menuju sekolah, tiba-tiba ada seekor ular berada di jalan. Kami sangat takut lalu meminta bantuan kepada orang dewasa yang kebetulan melintas untuk mengusir ular tersebut. Ahirnya kami bisa melanjutkan perjalanan ke sekolah.

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!
Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lain-lainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda.
Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?
Denah
Pembahasan:
Dari X saya berjalan menuju ke jalan raya. Kemudian sampai di jalan raya saya berjalan lurus melewati perempatan. Dari situ saya tetap berjalan lurus saya berjalan lurus sampai di perempatan jalan yang kedua. Saya melanjutkan berjalan lurus sampai di pertigaan jalan yang terdapat banyak pohon besar. Kemudian saya melanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kiri dan berjalan. Di jalan tersebut masih terdapat banyak pohon besar. Kemudian saya berbelok ke kanan dan berjalan cukup panjang. Setelah itu berbelok ke kiri kembali. Air mancur berada di kiri jalan.
Denah

Selain itu, ada juga jalan lain yang bisa saya tempuh. Dari X saya berjalan menuju ke jalan raya. Kemudian sampai di jalan raya saya berjalan lurus melewati perempatan kemudian berbelok ke kiri dan terus berjalan melewati sebuah bangunan besar di kanan jalan dan pertigaan. Dari pertigaan itu saya tetap lurus sampai menemui perempatan lalu saya berbelok ke kanan. Saya melanjutkan berjalan lurus sampai menemui perempatan jalan. Dari situ saya berjalan lurus, tidak jauh samapi pertigaan lalu berbelok ke kanan. Air mancur berada di kanan jalan.

Dari dua rute yang bisa ditempuh, rute kedua lebih dekat walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh.

Ada di Sana
1. Gambarlah denah sederhana sekolah kalian dan lingkungan sekitar sekolah!
2. Pikirkan dua tempat yang ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) dan tempat kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yang lainnya. Supaya tidak lupa, kalian boleh menuliskannya.
3. Dari titik awal, pandulah salah satu teman yang mendapat giliran agar sampai ke titik tujuan yang kalian pilih. Ucapkan perintah dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, menghadap, membelakangi, dan lain-lain.
Contoh:
Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauh dua kelas. Berbeloklah ke kiri sampai tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan. Berbeloklah ke kiri, lalu berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.
4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yang belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada denah masing-masing.
5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah!

Alternatif jawaban diskusi;
Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan atau ke arah barat dan berjalanlah sejauh satu kelas. Berbeloklah ke kiri melewati dua ruang kelas di sebelah kanan atau sebelah timur. Lapangan ada di sebelah kanan. Lalau sedikit berbelok ke kanan kemudia berjalanlah lurus sampai tiba di depan perpustakaan. Titik tujuan ada di sebelah kanan atau timur.

Dengan menuliskan petunjuk cara mencapai tempat tertentu di sekolah, kalian berlatih menyampaikan prosedur atau instruksi sederhana.

kosakata terkait arah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar